June 27, 2020

Peduli Pasien Anak Terkonfirmasi Covid-19

By admin

Tulungagung– Komunitas relawan Covid-19 “Safe Tulungagung, Safe Indonesia” pada tanggal 20-21 Juni 2020 memberikan donasi berupa mainan anak dan paket menggambar untuk anak-anak pasien covid-19 yang dikarantina di rusunawa IAIN Tulungagung.

Selama masa karantina anak-anak pasti merasakan kebosanab dan jenuh, karena tidak bisa bermain dan beraktivitas seperti biasanya. Harapan kami semua hal ini dapat berkurang, agar mereka bisa bermain dan tidak merasa tertekan selama masa karantina di rusunawa ini. Sehingga proses karantina bisa berjalan dengan lancar dan mereka bisa segera kembali kerumah masing-masing.

“Jangan sampai anak-anak merasa tertekan selama masa karantina. Mereka harus diberikan support dari lingkungan sekitar, salah satunya dengan memberikan mainan kesukaan mereka. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga rasa aman dan nyaman mereka selama karantina di rusunawa”, jelasnya

Muhammad Coyen Rifa’i, selaku perwakilan dari Komunitas Safe Indonesia mengatakan bahwa kondisi psikologis anak-anak perlu diperhatikan. Stress dan depresi rentan terjadi pada anak usia dini, apalagi disaat kondisi tertekan dikarenakan harus terpisah dari keluarga dan teman bermain mereka.

Coyen menambahkan , sebagai upaya untuk meminimalisir dampak psikologis pasien terkonfirmasi covid-19 tim Safe Tulunggaung Safe Indonesia mengkoordinir ebebrapa pihak yang menjadi donatur untuk kegiatan kali ini. Pihak tersebut diantaranya Maya Project, Pondok PETA, dan beberapa pihak lainnya.

Kegiatan ini berjalan tertib, dengan memperhatikan protokoler kesehatan, tim Safe Tulungagung Safe Indonesia antusias membagikan langsung kepada anak-anak yang sedang menjalani karantina di rusunawa dan Mahad IAIN Tulungagung. Pesan menarik dari tim Safe Tulungagung ialah anak-anak dan para pasien karantina tetap harus menjaga imun tubuh agar segera pulih, salah satu caranya dengan tetap bahagia.